SEJARAH PERADABAN DAN PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM 1

Collection Location Perpustakaan Universitas Nusantara PGRI Kediri
Edition
Call Number 297.9 RAH S
ISBN/ISSN 9786020528458
Author(s) Rahmatina A. Kasri
BANU MUHAMMAD HAIDLIR
Subject(s) Agama Islam
Classification 297.9
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Gramedia Widiasarana Indonesia
Publishing Year 2021
Publishing Place Jakarta
Collation vi, 351 p. : ill. ; 23 cm.
Abstract/Notes “Sejarah bukan hanya lintasan waktu yang telah lalu, tetapi merupakan pondasi dan modal pembelajaran untuk menegakkan dan mengukir sejarah baru di masa mendatang. Buku Sejarah Peradaban dan Pemikiran Ekonomi lslam 1 ini merupakan sebuah karya besar dari sebuah proses intelektual panjang penuh ketekunan, konsistensi, dan semangat untuk berbagi ilmu pengetahuan dari Rahmatina A. Kasri dan Banu Muhammad Haidlir yang merupakan dua ilmuwan muda FEB Ul di bidang Ekonomi Islam. Saya berharap buku ini menjadi rujukan utama bagi kampus-kampus di Indonesia terkait dengan sejarah peradaban dan pemikiran ekonomi Islam. FEB Ul berkomitmen untuk terus mendorong lahirnya karya-karya intelektual lainnya di bidang ekonomi dan bisnis Islam sehingga FEB Ul dapat terus berkontribusi dalam membangun negeri.” -Teguh Dartanto, Ph.D. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Periode 2021-2025)
Saat ini, pengetahuan dan pemahaman terkait sejarah peradaban dan pemikiran ekonomi Islam di kalangan akademik maupun umum masih rendah. Akibatnya, pemikiran dan teori ekonomi Islam menjadi kurang berkembang. Masyarakat Islam juga cenderung mengadopsi pemikiran dan kebijakan ekonomi lainnya sehingga pengetahuan dasar mengenai peradaban dan pemikiran ekonomi Islam sangat diperlukan untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.
Buku Sejarah Peradaban dan Pemikiran Ekonomi Islam 1 terbitan Gramedia yang disusun oleh Dosen FEB UI dan Peneliti Senior PEBS FEB UI, Rahmatina Awaliah Kasri, Ph.D. & Banu Muhammad Haidlir, M.S.E. Buku ini berusaha mengupas sejarah peradaban dan pemikiran ekonomi yang dilahirkan pada masa pra-Islam, Rasulullah SAW dan Khulafaur Rasyidin, Daulah Umayyah di Damaskus dan Cordoba, serta Daulah Abbasiyah untuk menjadi referensi bagi siapa pun yang tertarik untuk mempelajari dan mendapatkan kebijaksanaan dari pemikiran ekonomi Islam di masa lampau sebagai acuan penyusunan kerangka perekonomian di masa kini.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous