QUIET: KEKUATAN SENYAP PRIBADI INTROVER DI DUNIA YANG TAK BERHENTI BICARA

Collection Location Perpustakaan Universitas Nusantara PGRI Kediri
Edition
Call Number 155.23 CAI Q
ISBN/ISSN 9786020663128
Author(s) Susan Cain
Subject(s) Psikologi
Classification 155.23
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Gramedia Pustaka Utama
Publishing Year 2022
Publishing Place Jakarta
Collation xvi, 405 hlm.; 24 cm
Abstract/Notes Buku yang ditulis oleh Susan Cain ini akan mengubah pandangan Anda terhadap orang-orang yang berkepribadian introvert. Dunia yang kita tinggali saat ini cenderung memandang remeh orang-orang introvert dan mengagungkan para ekstrovert. Padahal, banyak dari tokoh yang berkontribusi besar terhadap dunia adalah mereka yang berkepribadian introvert.

Para introvert, di balik sifat pemalunya adalah seseorang yang kreatif dan inovatif. Mereka lebih kreatif ketika bekerja sendiri dibandingkan bekerja di dalam sebuah tim.

Dalam diamnya, para introvert adalah para pribadi kritis yang mempertanyakan banyak hal. Para introvert memang tidak suka dan banyak bicara. Namun ketika mereka bicara, apa yang keluar dari mulut mereka adalah hal-hal yang dalam dan penuh makna yang mampu mempengaruhi orang lain.

Oleh karena itu, introvert perlu diberikan ruang khusus agar mereka mampu mencapai potensi terbaiknya. Banyak tokoh dan pemimpin dunia yang berkepribadian introvert. Beberapa dari mereka adalah J.K Rowling, Steve Wozniak, Eleanor Roosevelt, Rosa Park dan Mahatma Gandhi. Tokoh-tokoh ini mampu memberikan kontribusi besar ketika mereka bekerja sendiri dan dalam kondisi yang tenang.

Sinopsis Buku

Hidup kita digerakkan oleh sebuah fakta yang kebanyakan dari kita tidak ketahui namanya, apalagi pahami. Fakta ini mendefinisikan siapa teman-teman kita, siapa orang-orang yang kita kasihi, karier apa yang kita pilih, dan apakah wajah kita merona ketika merasa malu. Fakta itu menyingkap apakah kita seorang introver atau ekstrover. Dalam dimensi kepribadian paling mendasar, setidaknya satu pertiga dari kita ternyata introver. Namun sifat pemalu, sensitif, dan serius sering dipandang negatif. Sejumlah paling berbakat di dunia adalah introver—tanpa mereka, kita tidak akan mengenal produk-produk buatan Apple, teori relativitas, dan lukisan bunga matahari Van Gogh. Dalam Quiet, Susan Cain menunjukkan bagaimana masyarakat salah paham serta meremehkan pribadi introver, dan dia memberikan cara agar kita bisa lebih memahami diri sendiri serta memanfaatkan kekuatan-kekuatan kita secara penuh.

Dengan pembahasan yang seru, didasari penelitian yang cermat, dan dilengkapi cerita-cerita nyata, buku ini akan mengubah cara kita memandang pribadi introver—juga mengubah cara pribadi introver memandang dirinya sendiri. "Saya tidak bisa tidak mengingat Quiet. lni buku yang penting—sangat persuasif, tepat waktu, dan ditulis dengan sepenuh hati. Semoga mampu memicu perubahan di sekolah-sekolah dan kantor-kantor." Jon Ronson, The Guardian "Quiet karya Susan Cain memicu sebuah revolusi senyap... Barangkali, daripada duduk dan banyak bicara, sebaiknya manajer dan pemimpin perusahaan mulai membungkuk untuk mendengarkan." Megan Walsh, The Times "Agaknya ekstrover ideal tak lagi sekukuh dahulu; agaknya tiba saat bagi kita semua untuk hening mendengarkan suara para introver yang lirih dan menenangkan." Daisy Goodwin, The Sunday Times
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous